Wujudkan Aparatur Desa Yang Berkualitas, Pemdes Karang Tengah Gelar Uji Kompetensi Calon Perangkat Desa Karang Tengah Bekerjasama dengan Universitas BSI

Sukabumi,Sumutglobalnews.com

Desa Karang Tengah, dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, Pemdes Karang Tengah bekerja sama dengan Universitas BSI dalam pelaksanaan seleksi perangkat desa yang dilaksanakan pada tanggal 13 – 14 Januari 2024.. Seleksi ini bertujuan untuk memilih individu yang kompeten dan berdedikasi tinggi untuk mengisi posisi perangkat desa. Seleksi ini merupakan kerjasama dengan Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) yang akan menyediakan sistem ujian hybrid dan tim penilai.

Kepala Desa Karang Tengah, Agung Pratama SI.P Mengatakan bahwa seleksi ini bertujuan untuk mendapatkan perangkat desa yang profesional, kompeten, dan berintegritas. “Kami ingin perangkat desa yang mampu melayani masyarakat dengan baik, mengelola anggaran dengan transparan, dan mengembangkan potensi desa dengan inovatif,” ujar Bapak Agung.

Seleksi ini terbuka untuk seluruh warga Desa Karang Tengah yang memenuhi syarat, yaitu berusia minimal 25 tahun, memiliki pendidikan minimal SMA/SMK, dan tidak pernah terlibat kasus hukum. Para peserta seleksi harus mendaftar dan mengisi formulir pendaftaran dan mengunggah dokumen persyaratan.

Seleksi ini akan terdiri dari dua tahap, yaitu tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis akan dilakukan secara online melalui sistem Universitas BSI dan akan menguji pengetahuan umum, pengetahuan desa, dan kemampuan dasar komputer. Wawancara akan dilakukan secara langsung di kantor Desa Karang Tengah dan akan menguji motivasi, visi, dan keterampilan sosial para peserta.

Seleksi ini akan dilakukan dengan mengacu pada beberapa materi ujian yang telah ditentukan, antara lain: Naskah UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa: Calon perangkat desa diharapkan memahami dan mampu menerapkan regulasi ini dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Naskah Tupoksi Perangkat Desa: Calon perangkat desa harus memahami tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) perangkat desa agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Naskah Profil Desa Karang Tengah: Memahami profil desa adalah penting bagi calon perangkat desa untuk dapat melayani masyarakat dengan baik.

Selain itu, materi ujian juga akan mencakup pengetahuan umum dan kompetensi dasar yang mengacu pada bahan ajar matakuliah dari Universitas BSI, seperti: Pancasila: Sebagai dasar negara, pemahaman Pancasila sangat penting bagi setiap warga negara, termasuk perangkat desa. Ms. Office: Kemampuan menggunakan Ms. Office sangat penting dalam administrasi dan manajemen desa. App Design Graphic: Kemampuan ini akan membantu dalam membuat media sosial desa atau laporan yang lebih menarik dan informatif. Character Building: Karakter yang baik adalah fondasi dari pelayanan publik yang baik.
Para peserta yang lolos seleksi akan mengikuti seleksi tertutup oleh bapak lurah Karang Tengah secara langsung dilanjutkan dengan kegiatan pembinaan selama sebelum resmi dilantik sebagai perangkat desa.

Kepala Desa Karang Tengah Agung Pratama SI.P Berharap ” Dengan kerjasama ini, Desa Karang Tengah berharap dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan membangun desa yang lebih baik. Seluruh proses seleksi akan dilakukan dengan transparan dan akuntabel untuk memastikan integritas dan kredibilitas proses seleksi. Kami mengundang semua warga yang memenuhi kualifikasi untuk berpartisipasi dalam seleksi ini dan berkontribusi dalam pembangunan Desa Karang Tengah “Tutup Bpk Agung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *