Gelar Persiapan Pengamanan TPS, Sebanyak 715 Personel Polres Nias Selatan Diturunkan ke 1.058 TPS Pemilu 2024

NIAS SELATAN | Sumutglobalnews.com

Demi memastikan kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2024, Polres Nias Selatan menggelar apel kesiapan dan pergeseran pasukan pengamanan Tempat Pemungutan Suara di halaman Mapolres Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, Senin, 12 Februari 2024 kemarin.

Di lokasi, setiap personel diperiksa kelengkapannya seperti ransel, rolling bed, rompi, jas hujan dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan dalam tugas pengamanan TPS, serta diberikan arahan dan penekanan mengenai tata cara bertindak dan menghadapi situasi yang mungkin terjadi di lapangan.

Dalam sambutannya, Kapolres Nias Selatan AKBP Boney Wahyu Wicaksono, S.I.K., menyampaikan bahwa jumlah personel yang diturunkan untuk pengamanan TPS di wilayah Kabupaten Nias Selatan adalah berjumlah 715 personel.

“Dari Polres Nias Selatan sendiri sebanyak 170 personel, kemudian untuk personel BKO (Bawah Kendali Operasi) Polda Sumut sebanyak 495 personel, ditambah lagi dukungan personel Brimob sebanyak 50 orang,” ujar Boney.

Boney menjelaskan bahwa Kabupaten Nias Selatan memiliki jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) yang cukup tinggi, ada sebanyak 1.058 TPS yang tersebar di 35 kecamatan, baik di daratan maupun di kepulauan.

“Jadi untuk pola pengamanannya, 2 personel Polri dan 8 Linmas akan mengamankan sebanyak 4 TPS,” terang Boney.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Boney juga menekankan kepada seluruh personel, untuk tidak menganggap sepele tugas tersebut dan bersikap humanis, “Selalu bersikap humanis kepada masyarakat, jangan bersikap arogan dan ugal-ugalan, dan kawal ketat proses, mulai dari pendistribusian sampai ke tingkat PPS, tahap pilih, pungut, hitung serta rekapitulasi selesai, dan sampai hasil surat suara kembali ke KPU dengan aman,” tegasnya.

Tambah Boney, “Dalam menjalankan tugas pengamanan TPS, harus benar-benar paham akan apa yang harus dilaksanakan, jangan menganggapnya seperti pengamanan biasa, situasi Pemilu memiliki dinamika tersendiri yang harus dipahami dan ditangani dengan serius,” tegas Boney kepada personel.

Selanjutnya, Boney juga menyampaikan bahwa seluruh personel akan melaksanakan pergeseran pasukan menuju ke wilayah tugas masing-masing, dan para personel diwajibkan untuk memahami karakteristik wilayah masing-masing TPS dan menguasai medan sekitarnya dengan serius.

“Pada hari ini, sampai pada tanggal 13 Februari nanti, kita akan melaksanakan pergeseran pasukan, pahami karakteristik wilayah masing-masing TPS, sehingga kita dapat mengambil langkah-langkah yang tepat dalam menjaga keamanan,” ujar Boney.

Terakhir, Boney juga mengimbau kepada seluruh personelnya untuk selalu melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab, “Tahapan pemungutan suara tinggal beberapa hari lagi, oleh karena itu mari kita tetap fokus, sehingga Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman dan lancar tanpa kurang suatu apa pun,” pungkas AKBP Boney Wahyu Wicaksono, S.I.K. (Harpendik Waruwu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *